Halaman

Jumat, 19 Juni 2009

Penerapan teknologi RFID di restoran sushi (Kaiten Sushi)

Belakangan ini tempat makan sushi yang menyediakan makanan dalam bentuk conveyor sudah banyak kita temui di Indonesia (disebut dengan Kaiten Sushi) tetapi kalau di Jepang sana, teknologi untuk restoran jenis Kaiten Sushi ini sudah jauh lebih maju dibandingkan yang ada disini dan bahkan sudah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu.

Berbeda dengan disini, Kaiten Sushi sudah mengimplementasikan teknologi RFID ke dalam restoran ini.

Penggunaan teknologi RFID (Radio Frequency Identifications) ini dapat digunakan untuk beberapa hal yaitu seperti:

- Membuang sushi ke tempat sampah secara otomatis apabila sudah dianggap tidak fresh (segar)

- Menghitung total sushi yang telah kita makan secara otomatis sehingga pelayan tidak perlu menghitung secara manual seperti disini. Bahkan kita bisa mengetahui jumlah uang yang akan dibayar secara real-time sehingga bila anda hanya mempunyai uang terbatas bisa menghitung apakah uang anda masih cukup atau tidak. :-)

- Memberitahu secara real-time kepada koki, jenis sushi apa yang sedang banyak dimakan orang dan berapa jumlah piring yang sedang tersedia di conveyor berjalan tersebut.

Untuk hal tersebut, setiap piring yang digunakan akan ditempel sebuah chip RFID d bagian bawah sehingga semua piring bisa dimonitor melalui kompter dan sistim yang ada.

Karena beberapa jenis sushi sudah tidak enak untuk dimakan, tentu teknologi RFID sangat membantu bagi pemilik restoran untuk tidak menyediakan sushi yang sudah tidak segar lagi. Dengan menggunakan hitungan waktu, sushi yang sudah melewati waktu tersebut akan otomatis dibuang.

Selain penggunaan teknologi RFID, pemesanan makananpun bisa dilakukan melalui layar monitor LCD yang sudah disediakan di setiap meja.

Teknologi RFID yang banyak manfaatnya tentu saja bukan hanya bisa diterapkan di Kaiten Sushi saja tetapi juga di segala bidang yang mungkin bisa mendatang efisiensi dan produktifitas yang lebih baik.

Ini ada video mengenai Kaiten Sushi dalam Bahasa Jepang, jadi seperti kami cukup menonton saja tanpa harus mengerti apa yang dibicarakan, juga sudah bisa tahu kok betapa hebatnya teknologi RFID.


Sumber berita :
High tech conveyor belt sushi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan santai tapi sopan dan wajar sesuai dengan topik. Terima kasih.