Halaman

Kamis, 04 Juni 2009

Peepo Bag : Kantong plastik pengganti WC

Di semua negara berkembang, termasuk di Indonesia, masalah sanitasi (kebersihan) masih menjadi masalah utama bagi masyarakat yang kurang mampu.

Peepoo Bag adalah sebuah kantong plastik yang memang ditujukan untuk mengatasi masalah sanitasi di daerah-daerah yang jarang atau tidak sama sekali mempunyai WC untuk buang air kecil maupun BAB.

Dengan bentuk sebagai kantong plastik, Peepoo Bag diharapkan akan dibawa kemanapun oleh setiap orang dan menggunakan pada saat buang air kecil/ BAB tersebut.

Kantong plastik ini mempunyai 2 buah lapisan yaitu lapisan luar yang menggunakan bahan yang dapat hancur dengan sendirinya di dalam tanaha (Biodegradable) sedang lapisan dalam menggunakan plastik film yang dibuat dari urea (thin film of urea).

Cara penggunaanya juga mudah, cukup buka plastik bagian dalam pada saat ingin digunakan dan setelah selesai, ikat plastik tersebut dan tanam di dalam tanah, selesai. :-)

Kelebihan dari Peepoo Bag ini adalah pada lapisan bagian dalam yang mengandung urea dimana digunakan untuk menetralisir bakteri dan lainnya yang dikeluarkan dari si pengguna tetapi di lain sisi, setelah netralisasi selesai, otomatis sisa yang ada bisa dijadikan pupuk. :D

Selain itu, biaya produksi untuk Peepoo Bag ini juga murah sehingga bisa diyakini dapat membantu banyak orang untuk mendapatkan lingkungan yang bersih dan sehat.



Sumber berita :
Peepoople: Portable, Affordable Sanitation for Everybody

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan santai tapi sopan dan wajar sesuai dengan topik. Terima kasih.