Halaman

Kamis, 09 Juli 2009

Robot kecil yang bisa berjalan di pembuluh darah manusia untuk mendiagnosa penyakit


Kita patut bersyukur atas penemuan-penemuan yang dapat kita rasakan manfaatnya hingga sekarang ini. Dari mulai mesin uap hingga komputer. Bayangkan saja jika tidak ada penemuan-penemuan penting misalnya komputer kemudian internet dan lainnya! Nah baru-baru ini dari dunia kesehatan telah dibuat oleh para pakar yaitu sebuah alat yang dapat membantu dalam proses operasi tubuh.

Peneliti dari Technion University, Israel telah membuat sebuah robot kecil yang bisa masuk ke sistim pembuluh darah (veins).

Ukuran robot ini hanya berdiameter 1 mm dan menggunakan teknologi yang disebut "Micro-Electro-Mechanical Systems" (MEMS).

Ukurannya yang kecil ini memungkinkan si robot untuk berjalan di pembuluh darah si pasien untuk menemukan masalah seperti tersumbatnya pembuluh darah atau hal-hal yang berhubungan dengan kanker.

Robot kecil ini tidak menggunakan baterai atau digerakkan oleh remote control melainkan hanya menggunakan magnit yang dikendalikan dari luar tubuh, sama seperti pada saat kita membuat sebuah paku berjalan di atas meja dengan meletakkan magnit di bawah meja. :-)

Kedepannya, robot kecil ini juga akan dilengkapi dengan kamera kecil serta peralatan kecil untuk lebih memudahkan diagnosa sampai melakukan pekerjaan kecil di dalam pembuluh darah.



Sumber berita
Robot invented to crawl through veins

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan santai tapi sopan dan wajar sesuai dengan topik. Terima kasih.