Halaman

Kamis, 02 April 2009

PILIH SUPLEMEN ANDA


Vitamin merupakan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah kecil tetapi asupannya harus teratur dan dalam jumlah yang pas, agar tubuh dapat tumbuh dan berfungsi secara normal. Berbagai proses biologis tubuh memerlikan vitamin agar dapat bekerja dengan baik, seperti pertumbuhan, proses pencernaan, kesigapan mental dan ketahanan tubuh terhadap infeksi. Dalam proses tersebut vitamin berfungsi sebagai katalis untuk metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.
Secara umum, vitamin dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
1. Vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, dan K)
2. Vitamin yang larut dalam air (vitamin B1atau tiamin, vitamin B2, asam folat, asam pantotenat, biotin, dan vitamin C)
Sebagian besar jenis vitamin tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Selain vitamin K yang dibuat oleh bakteri (baik) dalam usus, semua vitamin harus (diambil) dari luar. Sumber terbaik untuk vitamin adalah makanan. Itulah mengapa pola makan manusia harus berganti dan seimbang.
Makanan yang mengandung vitamin antara lain sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, E, K, dan beberapa macam vitamin B = asam folat, biotin, dll. Selain itu merupakan fitokimia yang bersifat provitamin, seperti karotenoid (provitamin A). Adapun vitamin A, B6, B12, dan D umumnya berasal dari sumber hewani seperti hati, susu, dan aneka jenis produk olahannya.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih suplemen vitamin, khususnya untuk anak
1. Hindari suplemen yang menjanjikan dosis besar karena beberapa jenis vitamin yang sifatnya larut dalam lemak dapat tertimbun di jaringan bila diberikan dalam dosis besar.
2. Cermati komposisi suplemen apakah sesuai dengan standar yang ditentukan. Perhatikan pila label mengenai manfaat produk, dosis per hari, cara penyimpanan, dan peringatan pemakaian.
3. Pastikan suplemen itu sudah terdaftar di badan POM. Jika ada informasi yang kurang jelas, jangan ragu untuk bertanya kepada apoteker atau petugas apotek.
4. Pilih suplemen yang khusus diformulasikan untuk anak-anak dan mudah dikonsumsi. Pilihlah yang disukai anak-anak sehingga anak tidak merasa tertekan saat mengngonsumsinya.
5. Jangan terpatok pada harga mahal. Yang paling penting adalahkelengkapan gizi dan dosis yang tepat.

(Yugo/berbagai sumber-web)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan santai tapi sopan dan wajar sesuai dengan topik. Terima kasih.