Halaman

Sabtu, 04 April 2009

LEBIH HEBAT DARI TANGAN ROBOT



Saat kecil dulu, mungkin kita sangat terpesona dengan kekuatan robot. Bahkan mungkin saja kita pernah memimpikan, seandainya saja tangan kita bisa seperti tangan robot yang kuat dan tak akan terluka. Namun yang tidak kita sadari waktu itu adalah bahwa ternyata rancangan tangan kita jauh lebih canggih daripada tangan robot.

Mau tahu kecanggihannya?

Kita tentu sadar, bahwa manusia telah diciptakan dengan wujud yang sempurna. Begitu pula dengan mekanisme tangan kita. Allah mendesain tangan manusia agar bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Tangan manusia bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan tenaga kuat, sekaligus bisa melakukan pekerjaan halusyang nyaris tidak bertenaga.

Dengan tangan yang kita miliki, kita bisa mengangkat barbel, sebongkah batu atau sekarung beras. Pada saat yang sama kita bisa membelai seorang anak dengan lembut tanpa melukainya, memegang telur tanpa memecahkannya, atau memetik bunga tanpa merusak pohonnya. Tangan yang terkepal dapat memukul dangan pukulan seberat 45 kg. Sebaliknya, melalui jari telunjuk, tangan kita juga dapat merasakan sehelai kertas berketebalan sepersepuluh milimeter.

Kedua jenis pekerjaan tersebut jelas memerlukan tangan yang berbeda. Hebatnya, kita tak perlu berpikir dan menghitung berapa tenaga yahng akan kita siapkan untuk melakukan semua pekerjaan tersebut. Kita tak pernah berkata, "Sekarang saya hendak memungut sehelai kertas. Saya akan menerapkan kekuatan sebesar 500 g. Sekarang saya akan mengangkat seember air. Saya akan menerapkan kekuatan sebesar 40 kg". Kita bahkan tidak pernah repot-repot memikirkannya.

Alasannya adalah tangan manusia dirancang untuk melakukan semua tindakan ini secara bersamaan. Tangan diciptakan sekaligus dengan keseluruhan fungsi dan keseluruhan rancangan terkaitnya.

Semua jari tangan memiliki panjang, letak, dan kesesuaian yang pas satu sama lain. Contohnya, kekuatan kepalan yang dibentuk tangan dengan ibu jari normal itu lebih besar daripada kekuatan kekuatan kepalan yang dibentuk tangan dengan ibu jari pendek. Ketika memungut jarum dari lantai, kita menggunakan kuku maupun jari. Permukaan kasar pada ujung jari dan kuku membantu kita memungut benda kecil. Keitimewaan khusus tangan lainnya adalah tangan tidak pernah kelelahan.

Dunia kedokteran dan ilmu pengetahuan bersusah-payah membuat tangan tiruan. Sejauh ini, tangan-tangan robot yang dihasilkan memiliki kekuatan yang sama dengan tangan manusia, tetapi tidak memiliki kepekaan sentuhan, kesempurnaan daya gerak, dan kemampuan melakukan beragam pekerjaan.

Banyak pakar setuju bahwa kita tidak bisa membuat tangan robot yang memiliki fungsi tangan lengkap. Insinyur Hans J. Schneebeli yang merancang tangan robot, yang dikenal sebagai "Tangan Karlsruhe", menyatakan bahwa semakin lama dia membuat tangan robot, semakin dia mengagumi tangan manusia. Diamenambahkan bahwa masih perlu waktu lama sampai kita dapat membuat tangan robotyang mampu melakukan sejumlah kecil saja pekerjaan yang dapat dilakukan tangan manusia.

Allah merancang tangan sebagai alat tubuh khusus bagi manusia. Dengan segala bagiannya, tangan manusia memperlihatkan kesempurnaan dan keunikan mahakarya ciptaan Allah.

Sumber : ar-risalah ed. 88


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan santai tapi sopan dan wajar sesuai dengan topik. Terima kasih.