Halaman

Senin, 08 Februari 2010

Robonaut 2 : Robot astronot yang siap mengorbit

NASA dan General Motors telah bekerja sama untuk membangun sebuah robot baru yang terampil menggunakan alat-alat seperti manusia, yang memungkinkan mereka untuk bekerja dengan aman bersama manusia di bumi atau di angkasa.

Dua organisasi ini mengembangkan robot generasi masa depan dan teknologi robot yang menggunakan kontrol mutakhir, teknologi sensor dan visi, untuk membantu para astronot selama misi ruang angkasa yang berbahaya dan membantu GM membuat misi lebih aman.


Dibangun dengan bantuan teknisi dari Oceaneering Space Systems di Houston, R2, (kependekan dari Robonaut 2), dapat menggunakan tangannya untuk melakukan pekerjaan yang belum dapat dikerjakan mesin humanoid sebelumnya.

R2 lebih cepat, lebih tangkas dan lebih berteknologi maju dari pendahulunya. Ini juga melampaui robot humanoid terampil sebelumnya dalam hal kekuatan, namun cukup aman untuk bekerja bersama manusia.

Kemampuan mengangkat dan bahkan memegang beban seberat 20 pon (sekitar empat kali lebih berat daripada yang pernah ditangani robot lain) mampu menggapai baik benda dekat maupun jauh dari tubuhnya.



Sumber berita
Robonaut 2 ready to give astronauts a helping hand

2 komentar:

Silakan berkomentar dengan santai tapi sopan dan wajar sesuai dengan topik. Terima kasih.