Halaman

Kamis, 25 Februari 2010

Click and Grow : Menumbuhkan tanaman via komputer

Setelah beberapa waktu lalu membahas tentang tanaman sebagai penyejuk ruangan Andrea, kali ini ada sesuatu yang mirip tapi berbeda yaitu Click and Grow. Click and Grow adalah sebuah pot tanaman yang menggunakan komputer sebagai perawat tanaman.

Pot ini menggunakan sistem penanaman secara Aeroponics yaitu tidak menggunakan tanah atau air sebagai media tanam melainkan hanya memnfaatkan udara dan kabut dari sekitar area pot.

Di dalamnya telah disediakan sebuah cartridge untuk memasukkan bibit tanaman, yang kemudian diisi dengan air. Lalu di dalam cartridge ini juga terdapat pupuk untuk membuat tanaman bertambah subur.


Untuk memantau perkembangan tanaman, Anda tinggal menyambungkan potnya ke komputer melalui kabel USB yang ada kemudian meng-upload programnya sesuai dengan jenis tanaman ke dalam pot tersebut.

Melalui software yang ada, Anda dapat mengetahui perkembangan tanaman dengan memberikan informasi penting tentang tanaman tersebut.

Click and Grow untuk model standar tetap perlu diisi air tetapi dengan program yang ada, kebutuhan air akan disesuaikan dengan jenis tanaman. Sedangkan untuk model yang lain tidak perlu lagi mengisi air.

Click and Grow akan mulai dijual dalam waktu dekat dengan harga mulai dari 17 Euro (sekitar Rp. 200 ribuan) dan cartidgenya dijual dengan harga antar 2,5 – 4 Euro (sekitar Rp. 40 ribuan).



Sumber berita
Click and Grow – growing plants via computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan santai tapi sopan dan wajar sesuai dengan topik. Terima kasih.