Halaman

Minggu, 28 November 2010

10 Alasan Untuk Meninggalkan Internet Explorer / IE

Tidak diragukan lagi sobat, bahwa Internet Explorer adalah browser yang paling banyak digunakan di dunia. Dan alasan utamanya berdasarkan fakta bahwa aplikasi ini sudah diinstal pada komputer sobat dengan sistem operasi Windows. Selayaknya sebuah browser pasti memiliki kekurangan dan kelebihan begitu juga dengan Internet Explorer. Apabila dibandingkan dengan browser lainya seperti FIREFOX , GOOGLE CHROME, OPERA, SAFARI dan lain-lainnya maka sobat akan megetahui sejauh mana kelebihan dan kekurangan dari masing-masing browser tersebut. Di bawah ini sobat akan mendapati 10 alasan untuk meninggalkan Internet Explorer / IE :


1. Keamanan
Keamanan adalah salah satu masalah utama yang mempengaruhi ribuan orang dan perusahaan bermigrasi ke browser lain. Internet Explorer – versi 7 terutama dibawahnya – tidak dianggap aman, kenapa?
Karena salah satu negara di Benua Eropa yaitu Jerman mengadakan promosi besar-besaran terhadap browser Microsoft yang diluncurkan dan bahkan raksasa software mendesak para pengguna untuk meninggalkan  browser versi 6. Tapi masalahnya bukan pada versinya, IE dianggap oleh banyak  kalangan sebagai browser yang berbahaya, di mana hacker dapat dengan mudah hack ke komputer sobat dan mengakses informasi.  Hal ini terjadi karena Internet Explorer bekerja dengan Active X dan Active Scripting, fungsi yang memungkinkan browser sobat untuk diakses dari program lain.

2. Problema  berat buat web designer dan programer
Pemrograman dan halaman web menjadi masalah bagi mereka yang harus bekerja dengan Internet Explorer.  Pertanyaan besar di sini adalah bahwa ada pola-pola sebagian instruksi tidak didapati pada IE itu sendiri. Alhasil  bahwa penggunaan Internet Explorer  menghasilkan situs web dengan miskin visual atau bahkan banyak kesalahan dan bug. Selain itu, banyak situs tidak menawarkan tampilan lebih menggunakan IE 6 – halnya dengan Orkut, yang menampilkan peringatan bagi sobat untuk meng-upgrade IE atau menggunakan browser lain.

3.  Interface lemah
Jika di satu sisi browser menjadi terlihat lebih ramping dan bersih, Internet Explorer tampaknya tidak sepenuhnya mengikuti tren ini. Ini bukan masalah mode atau kecantikan, melainkan kepraktisan. Alhasil Internet Explorer lemah dalam antarmuka item.

4. Cara Uninstall Internet Explorer?
Apakah sobat mencoba untuk meng-uninstall Internet Explorer dari Windows?  Benar-benar mustahil.  Walaupun situs Microsoft Web  memberitahu  bahwa sobat dapat melakukan ini melalui Control Panel – dihapus sebagai aplikasi lainnya – untuk memicu daftar program, IE tidak ada. Hal ini diperlukan untuk mencari jalan pintas baru untuk program dan menghilangkan browser pada mesin sobat.

5. Kecepatan makin lambat
Internet Explorer lebih lambat dibanding browser lainnya.  Arcade telah melakukan pengujian ekstensif untuk membuktikannya , tetapi perbedaan kecepatan antara Firefox, Opera dan Chrome dibandingkan dengan IE adalah mudah dilihat oleh semua pengguna. Jika Anda menggunakan Internet Explorer, browser lain memberi kesempatan selama beberapa hari.  Tentu, sobat akan melihat perbedaan waktu loading halaman.

6. Ekstensi
Ekstensi adalah fitur yang sangat populer dan berguna pada browser saat ini, memungkinkan sobat untuk membiarkan aplikasi difokuskan pada apa yang paling menarik untuk sobat. sobat dapat memperbarui Twitter, periksa apakah sobat menerima email baru, RSS update dll. Dengan demikian, IE masih jauh tertinggal dengan browser lain dalam berbagai item dan kualitas plugin dan add-ons yang tersedia. Sekali lagi, bagi mereka yang ingin menyesuaikan dan mengarahkan penggunaan browser, Internet Explorer bukanlah pilihan terbaik.

7. Lima belas tahun dan delapan versi
Sedangkan browser lain rilis update dari waktu ke waktu, berusaha memperbaiki kesalahan dan menambahkan fungsi baru, Internet Explorer tidak update melainkan jarang sekali. Dengan demikian, inovasi dan koreksi selalu memakan waktu lebih lama untuk sampai ke pengguna IE. Sejak tahun 1995, hanya ada delapan upgrade besar.  Dalam perbandingan cepat, Chrome, 2008, sekarang dalam versi kelima (dan dengan ketersediaan versi 6.0 Beta). Selain itu, keterlambatan pembaruan browser Microsoft membuat banyak pengguna masih menggunakan IE 6 .  Yang versi kedelapan dari browser diluncurkan pada tahun 2009.

8. Ketidakpercayaan terhadap banyak perusahaan dan situs
Situs seperti Twitter dan Orkut  mengumumkan bahwa mereka tidak lagi memberikan dukungan untuk Internet Explorer 6 karena masalah dengan keamanan dan kompatibilitas.

9. Pilihan yang lebih baik
Ada beberapa web browser  top yang bisa menjadi pilihan sobat seperti Opera Firefox, Chrome dan Opera. perlu diketahui adanya  kontroversial antara IE dengan browser lainnya.

10. Penutup
Setelah membaca semua ini mungkin tampak bahwa Internet Explorer adalah aplikasi terburuk di dunia.  Bahkan, ia juga memiliki fitur menarik dan telah menunjukkan beberapa inovasi dalam update terbaru. Hal ini diketahui dari perubahan yang sangat  signifikan meningkatkan, tetapi masih tertinggal di belakang pesaingnya. Artikel ini  disajikan sebagai perbandingan antara IE dengan broswser lainnya dan sobat dapat memilih web browser mana yang menjadi favorit sobat.

4 komentar:

  1. curang tuh IE jadi raja browser krn terinstall secara default di Windows.... ini beda dgn linux, yg punya default browser macam2 (bisa FF, Chromium, dll)

    BalasHapus
  2. @waroeng ubuntu: ya begitulah... saat ini gw lebih tertarik pake FF ato Opera

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan santai tapi sopan dan wajar sesuai dengan topik. Terima kasih.